Menjual Diskon

Apabila kamu menjual sesuatu kepada sesamamu atau membeli dari padanya, janganlah kamu merugikan satu sama lain.
Imamat 25:14




"SALE" atau "Discount" memang diakui mampu mengundang pembeli datang melihat apa yang kita jual. Bagaimanapun juga pembeli yang cerdas tahu membandingkan harga dan memilih harga terendah. Namun apakah benar bahwa kita harus menjual dengan harga semurah-murahnya alias diskon sebesar-besarnya agar barang kita laku terjual? Coba pikirkan bila dengan memberi diskon 20% pada sekotak sabun cuci ukuran 2 kg - apakah hal itu akan membuat toko kita langsung laris? Orang akan tertarik membeli sabun itu, namun coba pikirkan berapa banyak yang akan dibeli seorang ibu rumah tangga berhubung ada diskon itu? Mungkin kalau sebulan biasanya dia membeli sekotak, maka dia akan membeli 2 sampai 3 kotak sebagai stok beberapa bulan ke depan. Tapi jarang sekaliatau hampir mustahil dia membeli 10 - 12 kotak untuk disimpan selama satu tahun.

Diskon tidak harus berupa potongan harga terhadap harga normal. Diskon bisa kita berikan dalam bentuk lain yang sama-sama menguntungkan bagi penjual maupun pembeli. Saat ini sudah banyak orang menerapkan diskon semacam ini. Bila Anda jeli mencermati diskon semacam ini bisa berupa "kupon diskon pembelian berikutnya" (biasanya salon atau klinik terapi melakukannya). Kupon diskon bisa digunakan selama periode tertentu. Ada juga diskon berupa "Beli produk A dapat voucher Rp... bila membeli produk B", "Gratis Service Stahun", dan seterusnya. intinya, kita bisa memberikan diskon sekaligus membuat pelanggan loyal atau membeli lebih banyak dari kita.

Namun, sekali lagi jangan hanya berfokus pada keuntungan kita semata. bisnis yang baik adalah yang menjualsesuatu yang memang berguna bagi si pembelinya. Tujuannya bukanlah untuk menguras kantong si pembeli. (Bila ini yang kita lakukan maka kita tak ubahnya seperti seorang bandar narkoba.) Firman Tuhan mengajarkan kepada kita strategi bisnis yang baik yakni hubungan mutualisme - pembeli untung kita pun untung. Memberi diskon dengan strategi yang baik, tidak hanya akan meningkatkan keuntungan kita namun juga memberi kepuasan kepada pelanggan kita. TMS




Berilah diskon yang sama-sama menguntungkan



~ spririt motivator ~





AddThis Social Bookmark Button