Tunutan Kualitas

Maka Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja itu, karena ia mempunyai roh yang luar biasa; dan raja bermaksud untuk menempatkannya atas seluruh kerajaannya.
Daniel 6:4




Dalam bukunya "The Extreme Future: The Top Trend that will Reshape the World in the Next 20 Years", James Canton memberikan prediksi apa yang akan terjadi selama 20 tahun ke depan terhitung sejak 2007. Prediksi yang banyak didengarkan oleh perusahaan-perusahaan ternama dunia dan banyak pemerintah di dunia ini antara lain tentang perubahan iklim, dunia tanpa minyak bumi, cloning, kemajuan IPTEK yang luar biasa dan seterusnya. Prediksi yang menarik tentang dunia bisnis salah satunya adalah terjadi nya rebutan pekerja berkualitas. Di masa mendatang makin banyak tenaga kerja berkualitas dan perusahaan saling berlomba merekrut mereka.

Jaman terus berubah, sebagai tenaga kerja, adalah hal yang janggal bila kita tidak berubah dan menambah kualitas diri padahal kebutuhan usaha menuntuk kualitas yang terus berkembang. Persaingan bukan lagi menjadi hal yang tabu. Jangan kaget bila begitu banyak senior justru digeser oleh yuniornya yang lebih mampu berkembang. Banyak tenaga kerja produk masa lalu merasa bangga ketika hanya dengan ijasah SMU atau bahkan tanpa ijasah sama sekali, mereka bisa menduduki posisi penting di perusahaan. Namun, hati-hati jika dia terus merasa bahwa pengalaman adlah segalanya, karena begitu banyak tenaga muda yang masih miskin pengalaman ternyata lebih potensial, produktif dan memberi keuntungan bagi perusahaan. Begitu pula dengan orang yang hanya mengandalkan ijasah kesarjanaan tinggi, tetapi miskin wawasan dan pengembangan diri.

Intinya, semua orang bergerak maju. Tenaga kerja Indonesia masih termasuk golongan tenaga kerja mahal dan produktivitas rendah. Jangan biarkan ini terus terjadi. Kita harus berubah! Bila kita tidak berubah, kita akan tereliminasi. Apalagi sebagai tenaga kerja Kristen yang seharusnya memberi pengaruh. Jangan hanya puas bermodalkan kejujuran dan loyalitas. Tuntutan peningkatan kualitas itu meliputi semua aspek, disamping integritas dan moralitas, kecakapan, keahlian, ide, serta berbagai kemampuan teknis lainnya juga. Kalau orang awam saja bisa, apalagi seharusnya orang percaya. TMS




Kebutuhan tenaga kerja menuntut peningkatan kualitas



~ spirit motivator ~





AddThis Social Bookmark Button