Kertas

Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik.
Mazmur 111 :10a



Bicara soal menulis, pikiran kita langsung tertuju pada kertas. Bayangkan jika hidup kita di jaman sebelum ada kertas! Tentu sangat merepotkan karena kita harus menulis pada buku bambu, atau bahkan di atas batu. Dengan adanya kertas kita lebih mudah dalam menulis karena kertas itu ringan dan harganya pun terjangkau. Tapi, siapakah gerangan penemu barang yang kini menjadi 'warisan' dunia itu?

Dia adalah Tsai Lun, seorang pegawai pengadilan kaisar yang hidup pada masa pemerintahan dinasti Han. Tahun 89, ia diangkat sebagai sekretaris kerajaan. Pekerjaan itu membuat Tsai Lun selalu berhubungan dengan tulis-menulis. Saat itu, umumnya di China media tuluis-menulis terbuat dari bambu dan bahan sutra. Buku bambu cukup berat sehingga sulit dibawa, sedangkan buku berbahan sutra harganya sangat mahal. Kesulitan itu mendorong Tsai Lun mencari alternatif untuk menulis.

Sekitar tahun 105, Tsai Lun mencari berbagai alternatif bahan yang lebih praktis dibawa kemana-mana. Akhirnya ia menemukan ide untuk membuat kertas dari kulit pohon murbei. Caranya, kulit murbei direndam bersamaan dengan rami, kain bekas, dan jala ikan lalu dipukul-pukul sehingga serat lepas. Setelah menjadi bubur, campuran bahan itu ditekan hingga tipis dan dijemur. Hasil penemuan kertas ini ia persembahkan kepada Kaisar Han Ho Ti. Konon, kaisar sangat senang dengan penemuan ini. Sejak itu, kertas temuan Tsai Lun selalu digunakan di China dan dikenal sebagai "kertas dari Bangsawan Tsai."

Penemuan kertas ini menginspirasikan kepada kita bahwa kesulitan seseungguhnya berguna untuk mendorong kita berkarya. Tsai Lun yang tidak mengenal Tuhan pun mampu mewarisi dunia dengan penemuannya yang luar biasa. Bagaimana dengan kita, anak-anak Tuhan? Pasti kita bisa membuat sesuatu yang lebih dahsyat dari Tsai Lun. Karena Tuhan menyertai kita. Hadapi kesulitan dengan sikap yang optimis dan pikiran yang selalu posisif. (AP)



Tanpa kesulitan, kreativitas manusia tidak akan berfungsi



~ BOM.Com ~





AddThis Social Bookmark Button