Minggu ke-6, Hari 36 MEMILIKI ROH YANG LUAR BIASA

Seorang anak sekolah minggu bertanya kepada papanya, kebetulan sang papa belum terima Tuhan Yesus, "Pa.. Mengapa Daniel tidak dimakan oleh singa ?" Sang papa pun menjawab, "Karena Daniel adalah pawang singa, Nak!" Dia berkata kembali kepada sang papa, "Papa kemarin gak ikut sekolah minggu ya... Pantas aja jawabannya salah! Lain kali sekolah minggu ya Pa.. Ada yang dibakar tidak mempan Pa.. Ada juga yang bangkit dari kubur!"

Sang papa terperanjat dan berkata, "Siapa itu Nak?" Si kecil pun menjawab singkat, "Datang ke sekolah minggu aja Pa.. banyak cerita yang seru..!!" Sejak saat itu, sang ayah ikut menemani anaknya ke sekolah minggu karena dia ingin mendengar kisah-kisah heroik dari Alkitab.

Dari celoteh polos anak kecil, seorang bapak bisa dibawa untuk datang kepada Tuhan. Sikap anak kecil yang polos seperti itu justru bisa mempermudah kita untuk menerima kebenaran Firman Tuhan dan menikmati pengalaman pribadi dengan Tuhan.

Ayat Renungan : Daniel 6:4-16

M1 MENERIMA
Apakah Anda masih terus berdialog dengan Bapa untuk membangun keintiman dengan Bapa ? Siapkan hati Anda untuk terus menerima lebih banyak lagi dari Tuhan.

M2 MERENUNGKAN
1. Mengapa Daniel melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja (Ayat 4) ?

2. Apa alasan satu-satunya bagi para pejabat raja untuk mendakwa Daniel (Ayat 6) ?

3. Apakah Daniel menuruti larangan raja untuk beribadah, kecuali hanya kepada raja (Ayat 11a) ?

4. Apa yang dilakukan Daniel ketika ia menerima ancaman akan dimasukkan ke gua Singa (Ayat 11b) ?

5. Apa yang terjadi bagi mereka yang hidup beribadah kepada Tuhan secara radikal (Ayat 27, 29) ?

PENGAJARAN

Kata radikal banyak memiliki makna negatif karena dipakai oleh orang yang beraliran keras, ekstrim, dan berdampak negatif. Padahal, kata radikal berasal dari kata radic yang artinya akar. Jadi, Kristen radikal adalah Kekristenan yang begitu berakar pada kebenaran Firman. Daniel adalah contoh orang Kristen yang radikal.

Seperti kebanyakan orang, Daniel selalu dicobai untuk melonggarkan ibadah kepada Tuhan atau tidak konsisten karena berbagai alasan yang bisa diterima. Namun, Daniel adalah seorang anak Allah yang sungguh mengasihi Allah. Dia tidak akan pernah membiarkan hubungannya dengan Tuhan dirusakkanoleh apa pun atau siapa pun juga, sekalipun taruhannya adalah kematian.

Tuhan mencari kualitas anak Tuhan seperti ini, yang tidak menyayangkan nyawanya karena mengasihi Tuhan. Tahukah Saudara, bahwa kematian terhadap diri sendiri dimulai dari ruang keintiman kita dengan Tuhan ?Semakin kita intim dengan Bapa, kita semakin "candu" dengan hadirat-Nya sehingga kita tidak pernah rela sehari pun untuk berlalu tanpa ada di dalam hadirat-Nya. Inilah yang mengakibatkan Daniel memiliki roh yang luar biasa, yang akhirnya mengakibatkan Tuhan dipermuliakan (27) dan promosi datang dari Tuhan (29).

M3 MELAKUKAN
1. Sebutkan tantangan yang pernah Anda alami, yang menghambat Anda dalam berdoa, menuji,dan menyembah Tuhan !

2. Apa yang akan Anda lakukansetelah Anda belajar tentang cara hidup Daniel hari ini ? Misalnya, Anda konsiten beribadah walaupun ada tantangan dan terus menaikkan frekuensi doa pujian dan penyembahan. Lakukan dan jadilah orang Kristen yang radikal!

M4 MEMBAGIKAN
Bagikan kebenaran Firman Tuhan yang Anda dapatkan hari ini kepada teman sekolah, rekan sekerja, atau Saudara Anda!


Ayat hafalan : Daniel 6:11
"Demi didengar Daniel, bahwa surat perintah itu telah di buat, pergilah ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem;tiga kali sehari ia berlutut, berdoa serta memuji Allahnya, seperti yang biasa dilakukannya."



Sumber :
Judul buku : Menerobos Sorga Dengan Cinta
49 Hari membangun keintiman dengan Bapa untuk mendapatkan Firman yang menghidupkan dan menyembuhkan.
Penulis : Pdt. Ir. Yonathan Wiryohadi
Kontibutor : Pdt. Bram Soei Ndoen, Illyana Widodo, Ponco Sulistyo
Diterbitkan oleh : WTC Media, Mei 2007






AddThis Social Bookmark Button