Umur Anjing

Sebagai seorang dokter hewan, saya telah dipanggil untuk memeriksa seekor anjing Wolfhound Irlandia berumur 10 tahun yang diberi nama Belker. Pemilik anjing itu, Ron, Lisa isterinya, dan anak kecil mereka Shane, semuanya sangat sayang kepada Belker dan mereka mengharapkan mukjizat terjadi.

Saya memeriksa Belker dan menemukan bahwa anjing ini sedang sekarat karena kanker. Saya memberi tahu keluarga ini bahwa tidak ada lagi mukjizat yang mungkin bagi Belker, dan menawarkan untuk melakukan prosedur eutanasia bagi anjing tua itu di rumah mereka. Ketika kami melakukan persiapan, Ron dan Lisa memberi tahu saya bahwa mereka pikir akan baik bagi Shane untuk melihat prosedur pembunuhan anjing itu. Mereka merasa Shane akan mendapatkan sesuatu pelajaran dari pengalaman ini.

Hari berikutnya, saya melihat pemandangan biasa ketika keluarga Belker mengelilingi anjing itu. Shane nampak tenang, membelai-belai anjing itu untuk terakhir kalinya, sehingga saya ragu apakah ia mengerti apa yang akan terjadi pada anjing itu.

Dalam beberapa menit Belker menghembuskan nafas terakhirnya. Anak itu tampaknya menerima kepergian Belker tanpa kesulitan atau kebingungan.

Kami duduk sebentar setelah kematian Belker, sambil bertanya-tanya mengapa binatang itu hidup lebih pendek dari manusia.

Shane yang diam-diam menyimak pembicaraan kami berseru, "Saya tahu kenapa!" Dengan kaget kami menoleh kepadanya. Apa yang keluar dari mulut anak kecil ini berikutnya benar-benar mengagetkan saya. Tidak pernah saya mendengar penjelasan yang melegakan seperti ini.

Anak ini bilang, "Orang dilahirkan agar mereka dapat belajar untuk hidup yang baik, seperti mengasihi setiap orang dan berlaku manis, benar?" Anak umur 4 tahun itu melanjutkan, "Nah, anjing sudah tahu melakukan hal itu, jadi mereka tidak perlu hidup lebih lama lagi."

Hiduplah dengan bersahaja. Kasihilah dengan murah hati. Pedulilah dengan sepenuh hati. Berkatalah dengan ramah.

~ fgbmfi ~