Kerendahan Hati

Booker T. Washington, seorang kulit hitam yang menjadi pendidik terkenal di Institute Tukegee merupakan orang yang terkenal karena kerendahan hatinya. Tidak lama setelah ia menjabat sebagai presiden Institute di Alabama, ia berjalan-jalan di pinggir kota. Seorang wanita kulit putih tiba-tiba menghentikannya. Karena tidak mengenal Washington, maka wanita yang kaya ini menawarkan kepada laki-laki kulit hitam itu apakah ia mau mendapatkan uang dengan memotong kayu untuknya. Setelah berpikir bahwa tidak ada urusan yang mendesak, maka profesor Washington tersenyum dan menggulung bajunya dan mulai mengerjakan pekerjaan kasar yang diminta.

Setelah selesai, ia membawa kayu-kayu itu ke dalam rumah dan meletakkannya di dekat perapian. Seorang gadis kecil mengnalinya dan kemudian memberitahu wanita itu. Keesokan harinya, wanita itu dengan perasaan malu datang ke kantor Washington dan meminta maaf.

"Tidak apa-apa bu," jawabnya. "Adakalnya, saya menyukai pekerjaan kasar. Disamping itu, sungguh menyenangkan dapat menolong seorang teman."

Wanita itu dengan hangat menjabat tangan Washington dan memberi pujian atas perilakunya yang rendah hati itu. Beberapa waktu kemudian wanita tadi menyatakan penghormataannya dengan ikut menyumbang beribu-ribu dollar untuk Institute Tukegee.

~ Secangkir Sup bagi jiwa anda # 5 ~



AddThis Social Bookmark Button