Penguasaan Diri

Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.
Galatia 5: 22-23



Menurut saya, seharusnya bangsa-bangsa lain takut terhadap bangsa kita. Orang-orang di Indonesia itu keras dan ganas. Kalau sedang menonton pertandingan sepakbola, hampir selalu dibubuhi dengan parade lempar botol, bakar-bakaran, juga kerusuhan yang membawa korban. Kalau sedang memergoki pencuri yang berkeliaran, bukan orang Indonesia namanya kalau pencuri itu belum dihajar massa. Bahkan pernah ada maling yang dikeroyok sampai mati sebelum diadili.

Kian lama kian sering saya mendengar kasi-aksi pembunuhan keji yang dipicu oleh hal-hal sepele, seperti di ejek, tidak diberi uang beberapa ribu, dan sebagainya. Dulu ada dua orang teman saya yang berkelahi habis-habisan, hanya karena rebutan seorang perempuan yang mereka berdua sukai. Ada lagi kisah seoran anak SMU yang sampai tega membacok leher temannya, lagi-lagi karena urusan wanita. Begitu murahnya nyawa seseorang, sampai dianggap setimpal dijadikan pelampiasan amarah.

Dalam situasi serba susah seperti ini, banyak hal-hal yang sebetulnya biasa-biasa saja, namun menjadikan kita cepat "panas." Lagi-lagi itu mainan iblis untuk memancing emosi kita. Malahan, masalah sederhana yang bisa dibereskan dengan kepala dingin, justru dibikin berlarut-larut.

Paulus memberikan pengertian tentang hidup di dalam Roh, yakni hidup seturut buah Roh. Buah Roh itu sendirisudah satu paket, terdiri dari sembilan, di dalamnya termasuk penguasaan diri. Belum sempurna kalau kita hanya punya delapan buah Roh yang lain. Penguasaan diri diterjemahkan dari bahasa Yunani "en kratos" yang artinya 'kekuatan di dalam.' Jadi, penguasaan diri itu bukan sekedar norma atau aturan semata, tetapi sesuatu yang kita butuhkan. Untuk melawan hasrat kedagingan, en kratos itulah kuncinya. (YK)




Penguasaan diri harus diberi tempat seluas-luasnya dalam kehidupan kita



~ Jamahan KuasaNya ~





AddThis Social Bookmark Button

Persetujuan

Mereka telah mengangkat raja, tetapi tanpa persetujuan-Ku; mereka mengangkat pemuka, tetapi dengan tidak setahu-Ku. Dari emas dan peraknya mereka membuat berhala-berhala bagi dirinya sendiri, sehingga mereka dilenyapkan.
Hosea 8:4



Saya percaya bahwa persetujuan ini penting sekali khusunya dalam hubungan kita dengan Tuhan. Karena kita tahu bahwa Tuhan pasti tidak akan pernah mengecewakan kita. Nah, kalau sampai kita melanggar sendiri jalan menuju sesuatu yang sebenarnya tidak disetujui Tuhan, maka justru yang kita lihat pasti air mata, kekecewaan, penderitaan. Tapi, kalau apa yang kita jalani adalah berdasarkan kehendak dan persetujuan Tuhan, saya percaya jalan kita penuh dengan berkat dan kasih setia Tuhan yang besar.

Dalam ayat-ayat diatas kita perlu belajar mengapa kita membutuhkan persetujuan Tuhan. Yang pertama saya pelajari, karena dengan momohon persetujuan Tuhan :

1. Kita dapat mengerti yang terbaik buat kita
Jadi, dengan memohon persetujuan Tuhan otomatis kita merendahkan diri dihadapan-Nya. Karena kita merendahkan diri otomatis kita dapat mengerti yang terbaik buat kita. Tahukah saudara, yang kita 'ngoto' minta, yang kita 'ngotot' anggap baik, yang kita 'ngotot' berseru pada Tuhan, seringkali adlah hal-hal yang tidak baik buat kita? Alkitab dengan tegas bilang, "Jalanmu bukanlah jalan-Ku, rancanganmu bukanlah rancangan-Ku."

Ada banyak hal yang sebetulnya tidak baik buat kita, tapi kita senang paksakan Tuhan untuk berbuat sesuatu, kita paksakan Tuhan untuk mengabulkannya. Kalau tidak dikabulkan , kita marah, kita kecewa, kita halalkan segala cara, kita potong kompas, kita berjuang dengan kekuatan kita sendiri sampai kita dapat dan berkata, "lihat, saya bisa dapatkan." Bagaimana selanjutnya? Setelah saudara dapat, akhirnya hanya lembah air mata yang sedang saudara jalani. Sebagai hamba Allah saya ingatkan saudara, yang dari Tuhan itulah yang terbaik. Karena itu, belajar minta persetujuan kepada Tuhan untuk apa pun.

2. kita akan selalu melihat mujizat dan kuasa Allah
karena kalau Tuhan berkenan, maka Ia pasti bertindak. Alkitab bicara tentang Yesus mengajak murid-murid-Nya bertolak ke seberang. Berarti Yesus menyetujui perjalanan ini, bahkan Yesus sudah merancang, bahkan Yesus yang menghendakinya. Nah, tiba-tiba di tengah jalan ada anguin badai. Tapi Yesus dengan tenangnya berkata, "Diam, tenanglah!" Lalu segala sesuatunya menjadi teduh. Dari sini saya mau ingatkan bahwa ketika Yesus menyetujuinya, Yesus pun menyakan kuasa dan mujizat-Nta. Kadangkala bukan Tuhan tidak mau buat mujizat, tapi kitanya yang belum mendapat persetujuan Tuhan.

3. Kita akan berjalan dalam damai dan ketenangan
kalau Tuhan menghendaki, pasti jalannya penuh damai. Bukan berarti tidak ada masalah. Tuhan bilang sama Musa, "Musa, hadapi Firaun." Musa tahu betul ini adalah kehendak Tuhan. Ini yang Tuhan mau, ini yang disetujui Tuhan. Dan apa yang terjadi? Dia hadapi Firaun. Firaun mengeraskan hati, dia tenang saja, dia damai, dan dia tahu pembelaan Tuhan itu ada. Dan akhirnya mereka keluar dari Mesir dengan membawa perhiasan yang sangat banyak yang diberikan oleh orang-orang Mesir.

4. Kita tidak dapat tertipu oleh iblis
Iblis itu licik sekali. Bahkan Alkitab berkata ia menyamar sebagai malaikat terang. Sehingga persoalannya, ada banyak anak Tuhan yang tertipu. Kita pikir kita sedang buat yang baik, padahal itu sedang memutarbalikkan segala sesuatunya sehingga akhirnya kita tertipu. Karena itu dalam segala perkara biarlah kita berkata, "Tuhan, bukan kehendakku yang jadi melainkan kehendak-Mu yang jadi." (GL)




Kalau bukan dari Tuhan, tutup pintu serapat-rapatnya agar kita tidak tertipu oleh iblis


~ Jamahan KuasaNya ~





AddThis Social Bookmark Button

Berkabung

Sebab itu negeri ini akan berkabung, dan seluruh penduduknya akan merana; juga binatang-binatang di padang dan burung-burung di udara, bahkan ikan-ikan di laut akan mati lenyap.
Hosea 4:3



Pada dasarnya, orang tidak suka untuk berkabung. Tetapi, harus jujur kita akui, suka atau tidak suka, kita harus seringkali melewati perkabungan. Misalnya, tiba-tiba ada anggota keluarga yang meninggal, apalagi anggota keluarga yang begitu dekat. Mungkin orang tua kita, suami, istri, anak, kaka, adik , atau orang yang paling kita kasihi. Kita tidak bisa lari dari kenyataan itu. Nah, persoalannya sekarang, bukan sekedar bagaimana kita dalam kodnisi berkabung sekalipun kita menyadari, "Iya ya, Allah turut bekerja sama dalam segala perkara untuk mendatangkan kebaikan bagi setiap orang yang mengasihi Dia."

Dalam ayat 3 diatas dikatakan bahwa negeri itu akan berkabung, kenapa? Karena di ayat pertama dikatakan bahwa Tuhan mempunyai perkara dengan penduduk negeri itu. Nah, perkara apa yang Tuhan sedang perhatikan sehingga olehNya Tuhan harus mendatangkan perkabungan bagi umat Tuhan ini?

1. Tidak ada kesetiaan
Tuhan mau kita menjadi orang percaya yang setia. Persoalannya, kita seringkali menjadi orang-orang percaya yang tidak setia. Artinya begini, kita mungkin punya komitmen : "Tuhan, sya mau bertobat: Tuhan, saya mau jadi suami yang baik: Tuhan, saya mau jadi istri yang baik: Tuhan, saya mau jadi pengusaha yang benar: Tuhan, saya mau jadi orang muda yang takut akan Tuhan." Betul, hati kita baik punya komitmen seperti itu. Tapi dalam pelaksanaan kesehariannya seringkali kita menjadi orang yang tidak setia, kenapa? Karena Tuhan sudah memberikan Roh Kudus buat kita. Roh Kudus yang akan mengingatkan janji Allah. Roh Kudus yang akan memampukan kita berjalan dalan kebenaran.

2. tidak ada kasih
Allah itu kasih. Barabgsiapa tidak hidup dalam kasih ia tidak beraal dari Allah. berarti, hidup kristen mutlak harus hidup dalam kasih. Tuhan tidak suka kita hidup di dalam kekerasan., kedendaman, kebencian, bentakan dan makian. Itu bukan berarti kita tidak boleh marah, tetapi marah kita adalah marah yang terkendalikan.

3. Tidak ada pengenalan akan Allah
Tuhan mau kita mengenal Allah dengan betul. Dalam pengenalan akan Allah, hidup kita akan kuat. Dalam pengenalan akan Allah, kita mengerti akan makna dan tujuan kehidupan itu sendiri. Dalam pengenalan akan Allah, kita tahu keberadaan kita harus menjadi terang dalam kasih Tuhan. Tapi, seringkali persoalannya kita menjadi orang percaya yang menolak pengenalan akan Allah. Dan karena kita menolak pengenalan akan Allah, kita makin jauh dari Allah dan itu sebanya perkabungan akan terjadi dalam hidup kita.

4. Hidup tanpa standar moral yang betul
Dalam ayat 2 dikatakan bahwa mereka hanya mengutuk, berbohong, membunuh, mencuri, berzinah, melakukan kekerasan dan pertumpahan darah menyusul pertumpahan darah. Dunia dimana kita hidup adlah dunia yang hanya memikirkan uang dan kepandaian. Moral menjadi sesuatu yang seringkali tidak penting lagi. Itu sebabnya banyak orang hari-hari ini, ia boleh jadi terkenal, ia boleh jadi pemimpin, tapi moralnya tidak karu-karuan. Mari jaga standar moral kita supaya dimanapun Tuhan tempatkan kita, kita melihat berkat Tuhan yang berkelimpahan. (GL)



Hiduplah dalam terang Kristus, maka hidup kita akan dipermuliakan



~ Jamahan KuasaNya ~




AddThis Social Bookmark Button

Kiat Menyampaikan PUJIAN & KRITIK

Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi.
Amsal 27:5



Kita semua sependapat, PUJIAN dan KRITIK memiliki kekuatan yang dahsyat. Baik kekuatan untuk membangun, atau sebaliknya kekuatan untuk menghancurkan. Untuk itu, kita perlu belajar cara yang tepat untuk menyampaikan PUJIAN dan KRITIK dengan bijaksana.

Terinspirasi dari cara Tuhan Yesus sewaktu memberikan PUJIAN dan KRITIK kepada ketujuh jemaat dalam kitab Wahyu (baca Wahyu 2 & 3 - yang melambangkan kondisi gereja di akhir zaman, yakni kita semua), inilah TIPS praktis agar dapat meyampaikan PUJIAN dan KRITIK dengan efektif :


1. Lebih banyaklah memberi PUJIAN dan KRITIK
Simaklah, dari 7 jemaat dalam kitab Wahyu 2 & 3, semuanya mendapat PUJIAn dan tidak semuanya mendapat KRITIK. Jemaat Smirma dan jemaat Filadelfia misalnya, mendapat banyak PUJIAN tanpa KRITIK. Ini berarti :

* Tuhan menghendaki kita lebih banyak memberi PUJIAN daripada KRITIK.
* Bila memang layak mendapat PUJIAN, mengapa harus di KRITIK?

2. Landasi dengan motivasi KASIH
Selain perlunya cara yang tepat dan waktu yang tepat, pastikan PUJIAN dan KRITIK Anda dilandasi dengan motivasi KASIH. Motivasi KASIH yang tuluslah yang akan memampukan Anda menyampaikan KRITIK yang membangundan bukannya melemahkan atau menghancurkan. PUJIAN Andapun akan mengalir sejuk, memberi dorongan dan bukannya menjerumuskan - apalagi terkesan "menjilat"

3. Fokus pada PERBUATANnya, bukan PRIBADInya
Pujilah dan kritiklah seseorang dengan lebih berfokus kepada perbuatannya, bukan kepada pribadinya. Karena Anda bukan Tuhan (baca: Anda belum sempurna), bila perlu sebelum/sesudah mengkritik mintalah "maaf", karena bisa jadi Anda yang salah menilai! Hal ini perlu diperhatikan terutama apabila Anda harus menyampaikan PUJIAN atau KRITIK kepada atasan Anda.

4. Awali dengan PUJIAN, baru KRITIKAN
Pada dasarnya, setiap orang, termasuk Anda, lebih suka menerima PUJIAN daripada KRITIK. Sebab itu, adalah bijaksana, seperti Tuhan Yesus, sebelum melancarkan kritik, awalilah dengan pujian. Kemudian bukan dengan maksud "membanting setelah menyanjung", sampaikanlah KRITIK dengan terbuka, gambalng dan spesifik. Semuanya harus disampaikan dengan cara yang tepat dan waktu yang tepat.

5. AKHIRI dengan SOLUSI dan SARAN
Bukan hanya bisa mencela, mengkritik atau mengecam, Anda sebaiknya juga dapat melengkapinya dengan solusi dan saran. Bila pujian yang Anda sampaikan, jangan lupa akhiri dengan encouragement (dorongan, pengobaran semangat) agar orang yang Anda puji terus meningkatkan diri dan jangan tinggi hati.

Bila anda seorang atasan tau pemimpin, seperti Tuhan Yesus kepada ketujuh jemaat, akhirilah PUJIAN dan KRITIK Anda dengan 'pnishment & reward' untuk ditindaklanjuti dengan nyata. (JSW)




Ingat prinsip sandwich, selipkan KRITIK Anda diantara 2 lapis







~ BOM.Com ~







AddThis Social Bookmark Button

The Inspiration

Ingatlah selalu akan Dia, yang tekun menanggung bantahan yang sehebat itu terhadap diri-Nya dari pihak orang-orang berdosa, supaya jangan kamu menjadi lemah dan putus asa.
Ibrani 12:3




Teryata, binatang paling populer d dunia adalah tikus. Tikus menjadi terkenal bukan karena populasinya yang tersebar di seluruh dunia, tetapi karena ia menjadi tokoh kartun bernama Mickey Mouse. Namun tahukah Anda jika karakter kartun Disney yang paling terkenal, Mickey Kouse mungkin saja tak kan pernah tercipta jika Walt Disney mudah putus asa? Semua di mulai saat usaha pembuatan animasinya, Laugh-O-Gram bangkrut. Sekitar tahun 1923, Walt Disney pergi ke Hollywood dengan hanya berbekal buku sketsa dan uang US$ 40. Dengan meminjam ke sana sini, ia membuka usaha lagim bersama kakaknya, Roy Disney. Ia bekerjasama dengan distributor film dari New York bernama M.J. Winkler. Lalu terlahirlah tokoh Oswald the Lucky Rabbit. Sayang, saat tokoh karyanya ini mulai populer, tokoh itu diambil alih hak ciptanya oleh sang agen tanpa sepengetahuannya. Bahkan, beberapa karyawannya ikut di bajak sehingga ia kembali tak memiliki apa-apa.

Di tengah kesulitan itu, Walt memilih kembali ke Los Angeles. Namun, ia pantang berputus asa. Justru, dalam perjalanan panjang dengan naik kereta dari New York itulah, ia malah mendapat ide membuat tokoh tikus. Awalnya, ia menamainya Mortimer. Tapi, sang istri menolak dan menyarankan nama Mickey Mouse. Inilah awal sang tikus melegenda. Di tangan Walt, Mickey Mouse menjadi tokoh dalam film kartun pertama yang menggunakan musik dan bisa bicara. Saat itu, memang semua film masih bisu. Debutnya dalam film kartun berjudul "Steamboat Willie" pada 19 November 1928 segera membuat Walt kembali berjaya di dunia hingga kini telah mencapai tahun ke-80. Semangat pantang menyerah Walt Disney dan kepekaannya terhadap hal sepele patut diteladani oleh semua orang yang ingin sukses. (AP)




Ingatlah, semua ini diawali dengan seekor tikus
Tanpa inspirasi kita akan binasa
(Walt Disney)




~ BOM.Com ~






AddThis Social Bookmark Button

Kertas

Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik.
Mazmur 111 :10a



Bicara soal menulis, pikiran kita langsung tertuju pada kertas. Bayangkan jika hidup kita di jaman sebelum ada kertas! Tentu sangat merepotkan karena kita harus menulis pada buku bambu, atau bahkan di atas batu. Dengan adanya kertas kita lebih mudah dalam menulis karena kertas itu ringan dan harganya pun terjangkau. Tapi, siapakah gerangan penemu barang yang kini menjadi 'warisan' dunia itu?

Dia adalah Tsai Lun, seorang pegawai pengadilan kaisar yang hidup pada masa pemerintahan dinasti Han. Tahun 89, ia diangkat sebagai sekretaris kerajaan. Pekerjaan itu membuat Tsai Lun selalu berhubungan dengan tulis-menulis. Saat itu, umumnya di China media tuluis-menulis terbuat dari bambu dan bahan sutra. Buku bambu cukup berat sehingga sulit dibawa, sedangkan buku berbahan sutra harganya sangat mahal. Kesulitan itu mendorong Tsai Lun mencari alternatif untuk menulis.

Sekitar tahun 105, Tsai Lun mencari berbagai alternatif bahan yang lebih praktis dibawa kemana-mana. Akhirnya ia menemukan ide untuk membuat kertas dari kulit pohon murbei. Caranya, kulit murbei direndam bersamaan dengan rami, kain bekas, dan jala ikan lalu dipukul-pukul sehingga serat lepas. Setelah menjadi bubur, campuran bahan itu ditekan hingga tipis dan dijemur. Hasil penemuan kertas ini ia persembahkan kepada Kaisar Han Ho Ti. Konon, kaisar sangat senang dengan penemuan ini. Sejak itu, kertas temuan Tsai Lun selalu digunakan di China dan dikenal sebagai "kertas dari Bangsawan Tsai."

Penemuan kertas ini menginspirasikan kepada kita bahwa kesulitan seseungguhnya berguna untuk mendorong kita berkarya. Tsai Lun yang tidak mengenal Tuhan pun mampu mewarisi dunia dengan penemuannya yang luar biasa. Bagaimana dengan kita, anak-anak Tuhan? Pasti kita bisa membuat sesuatu yang lebih dahsyat dari Tsai Lun. Karena Tuhan menyertai kita. Hadapi kesulitan dengan sikap yang optimis dan pikiran yang selalu posisif. (AP)



Tanpa kesulitan, kreativitas manusia tidak akan berfungsi



~ BOM.Com ~





AddThis Social Bookmark Button

4 Remaja Jadi Sesaji Setan

DITUSUK 666 Kali, Dimasak Lalu Dimakan, Sebuah peristiwa mengerikan mengguncang Rusia. Empat remaja ditemukan dalam tewas secara mengerikan di sebuah lubang di Yaroslavl, sekitar 483 km dari Moskow akhir Agustus lalu. Keempat korban yang berusia antara 16 hingga 17 tahun itu diyakini menjadi korban sebuah sekte pemuja setan yang dipimpin remaja bernama Nikolai Ogolobyak.

Sekte itu menjadikan keempat remaja itu sebagai persembahan kepada setan. Mereka sungguh keji. Karena keempat remaja, masing-masing bernama Anya Gorokhova, Olga Pukhova, Varya Kuzmina dan Andrei Sorokin, itu dimasak dan dimakan setelah mereka dibunuh.

Keempat korban hilang sejak akhir Juni lalu. Menurut orangtua mereka, anak-anak itu pamit nonton konser musik tak jauh dari rumah. Namun sejak itu mereka tidak pernah pulang.

Polisi sebenarnya segera menggelar operasi pencarian ke seluruh kota begitu mendapat laporan hilangnya keempat remaja itu. Namun misteri itu baru terungkap pertengahan Agustus lalu dengan penemuan sisa-sisa tubuh korban.

Hasil penyelidikan polisi menunjukkan, keempat remaja itu menelepon dari sebuah rumah peristirahatan milik Ogolobyak. Menurut seorang temannya, Kuzmina sempat menelepon dari rumah itu. “Saya tidak suka di sini. Sepertinya ada yang tidak beres. Nanti saya cerita kalau sudah pulang,” kata Kuzmina seperti ditirukan temannya.

Menurut polisi, keempat korban dibuat mabuk dengan minuman berakohol terlebih dulu. Setelah itu mereka ditusuk sebanyak 666 kali. Angka itu disebut sebagai salah satu lambang setan, antikristus, dan sering muncul dalam film-film bertema horor seperti The Omen.Semasa hidup remaja-remaja itu dikenal suka berdandan ala Gothic.

Satu persatu dipancing datang ke rumah peristirahatan Ogolobyak yang terletak tak jauh dari hutan di pinggiran kota Yaroslavl. Rumah Ogolobyak sendiri hanya berjarak 250 meter dari lokasi pembunuhan.

Rambut korban ditemukan di bekas api unggun di bawah sebuah pohon. Polisi yakin mereka dimasak di api unggun itu sebelum daging mereka dimakan. Bagian-bagian tubuh pribadi mereka juga dipotong sebagai bagian dari ritual penyembahan setan.

Polisi telah menangkap delapan tersangka. Mereka merupakan anggota jaringan pemuja setan itu. Seorang di antaranya bahkan mengaku baru saja menggali kuburan seorang remaja putri yang mereka bunuh dan makan jantungnya.

Seorang tersangka lain yakin tidak akan dihukum. “Setan akan menolong saya untuk menghindari tanggung jawab. Kan saya sudah mempersembahkan banyak korban padanya,” sumbarnya.

Sementara rekannya mengaku ikut sekte itu karena bosan pada Tuhan yang tidak juga menjadikannya kaya. “Saya berdoa pada Tuhan, tapi dia tidak memberi saya banyak uang. Lalu saya beralih pada setan dan semua kini membaik,” katanya.

Terungkapnya kasus pembunuha mengerikan itu cukup mengguncang warga Rusia. Di negeri itu para pemuja setan diyakini telah melakukan serangkaian pembunuhan dan mutilasi.

Sebuah salib yang ditanam terbalik, ini juga salah satu simbol setan, menandai lokasi ritual pemujaan sekte itu. Di situ juga ditemukan tulang dan kulit kepala para korban.

Polisi mulai melacak geng itu setelah menemukan bahwa keempat korban pernah menelepon Nikolai Ogolobyak. Warga sekitar juga mengenal Ogolobyak, yang oleh neneknya dikatakan pernah bergabung dengan paduan suara gereja saat masih anak-anak.

Anak buah Ogolobyak digambarkan oleh mantan guru-guru mereka sebagai anak-anak dengan intelijensia rendah dan suasana hati yang tak jelas. Mereka antara laion bernama Ksenia Kuznetsova, Alexander Voronov dan Anton Makovkin.

Salah seorang tersangka diketahui pernah tinggal di sebuah pusat terapi psikologi. Tapi dia kemudian dibebaskan. Remaja itu menolak menanggalkan keyakinannya.

Ayah korban bernama Andrei mengatakan, “Anak saya pernah bilang punya teman pemuja setan dan yang bergaya gothic. Saya tidak khawatir. Saya pikir, 'biarkan saja dia nongkrong di sekitar kuburan. Tidak berbahaya, kan?” imbuhnya.

Di Rusia sering terjadi kasus pembunuhan, pemerkosaan, dan kejahatan lain terkait pemujaan setan. Di Moskow saja terdapat 15 sekte setan yang ritual penyembahannya melibatkan angka 666, bintang bersudut lima terbalik (pentagram), dan swastika.

Penganutnya meyakini bahwa mereka harus mendulukan diri sendiri. Nilai-nilai utama meraka adalah kebanggaan, mengikuti kehendak, ambisi, dan memenuhi hasrat seksual. Budaya Gothik dan emo, sebuah aliran dalam musik punk rock, mendapat pengawasan ketat di Rusia. Penampilan mereka memang cukup mengerikan. Selain berpakaian serba hitam, mereka juga menindik beberapa bagian tubuh.

Juni lalu, majelis rendah Rusia menggelar sidang dengan pendapat tentang undang-undang untuk mengatur situs-situs emo. Juga menghalangi remaja-remaja berpenampilan gothic untuk masuk sekolah dan gedung-gedung pemerintah.





~ perisai.net ~





AddThis Social Bookmark Button

Miskin Tetapi Kaya

Dan anggaplah sebagai suatu kehormatan untuk hidup tenang, untuk mengurus persoalan-persoalan sendiri dan bekerja dengan tangan, seperti yang telah kami pesankan kepadamu,
I Tesalonika 4:11



Ada seorang pemuda yang merasa dirinya tidak beruntung. Suatu hari ia duduk termenung di pinggir jalan, "kenapa nasib saya begitu jelek, dilahirkan di keluarga miskin dan tidak berpendidikan?" Kebetulan ada seorang kakek lewat dan melihat pemuda itu duduk termenung. Kakaek itu pun bertanya padanya, "Anak muda, kenapa kamu tampak sedih dan tidak bersemangat?" Si pemuda menjawab, "Saya tidak mengerti kenapa saya begitu miskin?" Mendengar keluhan itu, si kakek dengan bijak berkata, "Miskin? Kamu tidak miskin, bahkan sangat kaya." Pemuda itu tercengang, "Kaya? Apanya yang kaya? Untuk makan 3 kali sehari saja susah."

"Begini nak, bagaimana jika satu tanganmu kakek beli seharga 100 ons perak?" tanya si kakek. "Tentu tidak." jawab si pemuda. "Kalau 300 ons perak, maukah kamu menjualnya kepada kakek?" Si pemuda menjawab dengan tegas, "Tentu saja tidak." Kemudian si kakek memberi nasehat, "Nah, itulah kekayaanmu yang sesungguhnya, belum lagi di hitung nilai kedua kakimu, kesehatan dan umurmu. Kakek pikir jika semuanya dijumlahkan pasti mencapai jumlah yang luar biasa besar. Gunakanlah 'aset' tersebut untuk bekerja, mengolah sesuatu menjadi berharga." Nasehat yang bijak itu membuat pemuda tersebut sadar dan semangatnya bangkit kembali. Ia menyadari bahwa Tuhan telah memberinya 'kekayaan' yang dapat dikembangkan menjadi aset-aset yang berguna. Sejak hari itu ia mulai bekerja sekuat tenaga setiap harinya.

Sadarilah bahwa selama kita mempunyai 'modal' dalam hidup kita, seperti tangan, kaki, kesehatan, semangat hidup dan akal budi, maka kita bisa mencapai sukses, asalkan kita mau membayar harga dengan bekerja keras untuk mengembangkannya. (AP)




Tuhan tidak pernah menaruh seseorang di tempat yang terlalu kecil untuk bertumbuh (John C. Maxwell)



~ BOM.Com ~





AddThis Social Bookmark Button

The Power Of Creatifity

Karena hikmat lebih berharga dari pada permata, apapun yang diinginkan orang, tidak dapat menyamainya.
Amsal 8:11



Lucy Ghani Wijaya, pemilik galeri Malioboro Crafts, Yogyakarta, semula memproduksi tas kulit. Ketika krisis mendera Indonesia, bahan baku pun menjadi mahal, sementara konsumen tidak mau tahu. Ia mencari bahan yang lebih murah agar bisa mempertahankan bisnisnya. Awalnya ia mencoba memakai kertas koran bekas. Sayangnya, meskipun peminatnya cukup banyak, tas dari kertas koran mudah rusak jika terkena air. Setelah berusaha keras, ia menemukan bahan yang lebih kuat, yaitu kertas bekas bungkus semen. Lucy berkata, "Kami merendam tas dari kertas semen itu dalam air selama berjam-jam. Teryata tas itu tetap saja utuh, bahkan setelah dijemur semakin ulet. Hasilnya sungguh amat memuaskan." Selain kuat, tas dari kerta semen itu terlihat cantik, unik, dan mungkin adalah satu-satunya di Indonesia. Lucy juga membuat mebel, rek buku dan berbagai perabot lainnya dari kertas semen. Pemasarannya tidak terlalu sulit karena harganya terjangkau. Ketika Lucy mencoba menjual barangnya lewat internet, peminatnya ternyata cukup banyak, bahkan ada pembeli dari Skotlandia, Kanada, Swedia, dan negara eropa lainnya.

Sekarang Lucy memiliki ratusan karyawan di Sleman. Ia berkata, "Kami memang mengerjakan produk ini secara home industry, jadi bisa dikerjakan masyarakat di rumahnya sendiri sebagai usaha sampingan. Kami cukup menggarap finishingnya saja." Melalui usaha kreatifnya, ia bisa membantu pemerintah mengurangi pengangguran dan ia pun menjadi eksportir muda yang sukses.

Dalam masa sulit diperlukan kreatifitas tinggi untuk menemukan terobosan dan jalan keluar. Dengan kreatifitas dan keuletan, kita selalu bisa menemukan sesuatu yang baru, yang mungkin selama ini tidak terpikirkan untuk dicoba. mintalah hikmat dari Sang Sumber Hikmat agar dimampukan untuk berpikir kreatif dan membuat terobosan di zaman yang semakin sulit ini. (AP)




Hikmat Allah adalah sumber kreatifitas tanpa batas



~ BOM.Com ~





AddThis Social Bookmark Button

Anointing To Create

Tangan yang lamban membuat miskin, tetapi tangan orang rajin menjadikan kaya.
Amsal 10:4



Saat krisis tahun 1998, joylita bersama suaminya pindah dari Malang ke Surabaya. Ia heran melihat banyak enceng gondok di sungai di belakang rumah barunya. Ia menanyakan nama tanaman dan apa manfaatnya kepada tetangga. Ia diberitahu bahwa itu tanaman liar yang tidak bermanfaat. Iseng-iseng ia mengambil tanaman itu dan meletakkannya di halaman. Setelah kering, ternyata seratnya liat. Ia pun mencoba menganyam serat itu menjadi sarung bantal. Ketika teman-temannya datang, mereka tertarik melihat sarung bantal dari enceng gondok itu dan berniat membelinya karena unik.

Karena tidak tahu banyak tentang enceng gondok, ia belajar dengan bertanya dan membaca. Kebetulan salah satu murid yang belajar membuat kerajinan adalah dosen sehingga Joylita mendapat banyak informasitentang enceng gondok. Sekarang banyak orang yang mau belajar membuat kerajinan enceng gondok darinya, bahkan ada murid yang berasal dari Jepang dan Italia. Pada 7 Juni 2004, ia mendapat penghargaan Kalpataru dari Presiden RI karena berjasa menemukan sesuatu yang berguna bagi lingkungan.

Kita sering mengalami jalan buntu, lalu berhenti karena sikap mudah menyerah. Padahal kalau kita mau berusaha, selalu ada jalan keluar bagi setiap persoalan yang kita hadapi. Keingintahuan dan kesediaan untuk mencoba sesuatu yang baru amat diperlukan dalam menghadapi masa-masa sulit. joylita yang dulunya tidak tahu apa-apa tentang enceng gondok, sekarang justru mampu mengajarkan kepada banyak orang bagaimana membuat kerajinan dari enceng gondok. Ia mampu mengubah sesuatu yang tidak berguna dan tidak bernilai menjadi sesuatu yang berguna. Ia pun bisa keluar dari belitan krisis dan menolong banyak orang mendapatkan penghasilan tambahan. (AP)



Keberuntungan cenderung berpihak kepada orang yang rajin


~ BOM.Com ~




AddThis Social Bookmark Button

Jump Into The Higher Level!

Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.
Galatia 6:9



Yelena Isinbayeva, atlet lompat galah Rusia, mengawali musim 2006 dengan mengukur rekor dunia baru di Sport Palace Druzba, Donetsk, Ukraina. Sebelumnya di tempat yang sama, ia telah memecahkan rekor 3 kali: Tahun 2004 ia berhasil melompat setinggi 4,83 meter. Tahun 2005, setinggi 4,87 mter. Dan tahun 2006 setinggi 4,91 meter. Sebelumnya, peraih 2 gelar dunia dan 2 emas olimpiade itu telah memecahkan rekor 18 kali; 8 di antanya ia bukukan pada tahun 2005.

Dulu, ketika diwawancara BBC, ia berkata, "Ini adalah event pertama saya pada tahun ini. Jujur saja, saya sangat dihinggapi perasaan nervoust luar biasa. Selain itu, ini pertama kali saya tampil dengan pelatih baru. Ini tentu saja menambah kegugupan saya." Pada kejuaraan itu, atlet kelahiran Volograd itu melakukan lompatan pertama hanya setinggi 4,71 meter. Lompatan kedua 4,81 meter hingga akhirnya ia sukses memcatat rekor baru 4,91 meter. Rekor terakhir ia catat saat tampil di Kejuaraan Dunia Atletik X di Helsinki, Finlandia. Dalam kesempatan itu, Yelena mengukuhkan diri sebagai atlet lompat galah wanita pertama yang sukses melakukan lompatan melewati 5 meter, tepatnya 5,01 meter.

Rekor demi rekor yang ia pecahkan menunjukan bahwa Yelena bukanlah orang yang cepat puas. Ia terus melatih diri dan berusaha melakukan lompatan lebih tinggi dan mencapai prestasi lebih baik lagi. Karena sikapnya itu kemungkinan besar masih banyak rekor baru yang ia ciptakan lagi pada masa yang akan datang.

Dalam pekerjaan, pelayanan, usaha maupun studi, marilah kita bersikap seperti Yelena! Jangan cepat puas! Teruslan gali potensi dan bakat yang kita miliki! Ketika kita tidak cepat puas, maka kita mampu menjadi pribadi yang maksimal. Orang yang tidak cepat puas berpotensi untuk mewujudkansegala cita-cita dan impiannya. So, never satisfy till the end of time! (AP)




Kejarlah terus kehendak Allah sambil bersyukur untuk setiap langkah



~ BOM.Com ~





AddThis Social Bookmark Button

Bad Or Good

Tempuhlah jalan yang rata dan hendaklah tetap segala jalanmu. Janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, jauhkanlah kakimu dari kejahatan.
Amsal 4:26-27



Dalam kehidupan sehati-hari seringkali kita diperhadapkan untuk memilih. Memilih untuk menjadi baik atau menjadi jahat. Memilih untk berbelok atau berjalan lurus. Memilih untuk hidup jujur atau berdusta. Memilih untuk menjadi bijaksana atau menjadi bodoh. Memilih untuk menjadi berkat atau batu sandungan. Semua keputusan ada pada pribadi masing-masing.

Namun ketahuilah bahwa untuk semua keputusan dalam menentukan pilihan senantiasa diikuti oleh keharusan/kwajiban. Bila pilihanmu menjadi baik, maka haruslah kita berbuat baik. Jika memilih untuk tidak marah, maka haruslah kita tenang dengan berdiam diri. Demikian halnya jika pilihan yang ditentukan adalah bersifat negatif maka kita akan melakukan perkara-perkara yang negatif.

Di atas semua pilihan yang diperhadapkan kepada kita, saya yakin bahwa pada dasarnya sesungguhnya kita sangat menginginkan untuk menentukan pilihan kepada perkara-perkara positif. Untuk menjadi baik bukanlah sesuatu yang sukar, asalkan saja kita bertekad dengan kesungguhan hati kita. Bahkan Allah memandang bahwa semua ciptaanNya itu sungguh amat baik. Maka sangat wajarlah jika manusia lebih mudah untuk menjadi lebih positif daripada menjadi negatif. Hanya saja twaran-tawaran dunia memang sangat menggiurkan.Tapi yang pasti tawaran surgawi lebih indah dari semua tawaran yang ada. (NW)



Jalan yang Anda pilih menentukan masa depan Anda


~ BOM.Com ~




AddThis Social Bookmark Button

Arti Sebuah Dukungan

Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang.
Amsal 16:24


Sinetron 'Catatan Nayla' memberi kita banyak teladan yang patut ditiru. Salah satunya adalah teladan untuk saling mendukung satu sama lain. Dikisahkan bahwa nayla menderita penyakit Ataksia yang menyebabkan ia kehilangan keseimbangan. Keadaan itu membuatnya tidak dapat hidup mandiri. Ia sangat membutuhkan bantuan dari keluarga dan teman-teman sekolahnya. Di tengah penderitaan yang Nayla alami, ia tidak menjadi putus asa. Mengapa? Karena keluarganya senantiasa memberi dukungan berarti baginya. Dukungan itulah yang membuat gadis itu merasa 'hidup dan sehat' meskipun ia dalam keadaan sakit.

Ya, kita semua tak terkecuali membutuhkan dukungan di mana pun kita berada, entah di tempat kerja, lingkungan rumah bahkan di dunia pelayanan. Saat kita down, kita membutuhkan kata-kata yang penuh cinta untuk memberkati dan meyembuhkan luka hati. Kita perlu kata-kata yang ramah untuk memperlancar jalan kehidupan, kata-kata sukacita untuk membuat hari-hari menjadi cerah dan ceria, dan kata-kata yang lemah lembut untuk mengurangi tekanan. Tanpa dukungan pimpinan, keluarga, orang tua, rekan sekerja, akan sulit bagi kita untuk tetap berjalan sampai di garis finish. Perkataan mereka menjadi penyegar di kala kita berada di padang gurun.

Firman-Nya berkata, "Seseorang bersukacita karena jawaban yang diberikannya, dan alangkah baiknya perkataan yang tepat pada waktunya!" Firman ini sangat senada dengan apa yang dikatakan oleh J. W. (Bill) Marriott Jr. ketua umum Marriott Corporation, "Doronglah para pekerja Anda, latih, beri semangat dan jadikan mereka pemenang." Hari ini, sudahkah Anda memberi support kepada rekan kerja dan teman-teman Anda? Lakukanlah! (IS)




Dukunglah, Anda pasti di dukung Allah





AddThis Social Bookmark Button

Gaya Hidup Membaca

Sementara itu, sampai aku datang bertekunlah dalam membaca Kitab-kitab Suci, dalam membangun dan dalam mengajar.
I Tomitius 4:13


Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, dalam sambutannya ketika meresmikan Gedung Museum Proklamator Bung Hatta di kompleks Kantor Wali Kota Bukittinggi, di Bukit Gulai Bancah, Kabupaten Bukittinggi, Sumatera Barat mengatakan, "Untuk menjadi bangsa yang berhasil, Indonesia harus lebih dulu menjadi bangsa yang maju. Untuk menjadi bangsa yang maju, Indonesia harus menjadi bangsa yang belajar. Untuk menjadi bangsa yang belajar, Indonesia harus terlebih dahulu menjadi masyarakat yang gemar membaca buku." Melalui sambutannya, sebenarnya beliau ingin mengatakan bahwa untuk menjadi pribadi yang berhasil, salah satu cara yang perlu kita lakukan adalah menanamkan mental yang suka membaca. Disadari atau tidak, dengan banyak membaca seseorang akan menjadi kaya dengan informasi, karena itu benarlah ungkapan yang mengatakan, "Informasi adalah jendela dunia."

Sebuah ungkapan lain mengatakan, "Banyak baca, banyak tahu. Kurang baca, kurang ilmu." Memasuki tahun 2008 ini saya sendiri membuat target yaitu saya harus menyelesaikan minimal satu buku dalam satu bulan. Target tersebut memacu saya untuk maju dan berkembang. Saya tidak ingin membiarkan waktu luang yang ada, berlalu begitu saja dengan hal yang sia-sia.

Dengan membaca buku-buku pengembangan diri dan kisah sukses orang lain, diri kita pasti termotivasi untuk melakukan hal yang sama. Jadi, di mana pun Anda berada, kembangkanlah selalu budaya membaca. Karena ketidaktahuan biasanya dekat dengan kebodohan dan kebodohan sangat dekat dengan kemiskinan. Usahakanlah membaca menjadi gaya hidup Anda. (IS)




Datanglah ke toko buku sebulan sekali dan Anda akan merasa betapa makin kecilnya dunia ini



~ BOM.Com ~





AddThis Social Bookmark Button

Waspadalah!

Waspadalah, supaya kamu jangan kehilangan apa yang telah kami kerjakan itu, tetapi supaya kamu mendapat upahmu sepenuhnya.
2 Yohanes 1:8



Dalam sebuah perjalanan, seorang kafilah menghentikan langkahnya untuk beristirahat karena hari telah senja. Kemudian ia membangun sebuah kemah tempat beristirahatnya. Sementara itu ia mengikatkan untanya du luar kemah. Pada saat tengah malam, tiba-tiba kepala si unta sudah masuk ke dalam kemah. Kafilah itu berfikir dalam hatinya, "Tak apalah, hanya kepalanya saja." Menjelang pagi hari, ternyata si unta sudah memasukkan setengah dari badannya ke dalam kemah tersebut. Kembali si kafilah terbangun dan hanya berkata, "Ah, hanya sebagian badan saja, tidak apa-apa." Kemudian ia melanjutkan tidurnya. Tak lama kemudian, unta itu sudah memasukkan seluruh tubuhnya. Dan apa yang terjadi? Kemah itu pun langsung roboh!

Hal serupa dapat terjadi dalam kehidupan kita, yaitu ketika kita kurang waspada dan berjaga-jaga. Berhati-hatilah ketika kita sedang mendapat jobs dan tawaran dari sana -sini yang menggiurkan, karena itu dapat menjadikan kita seorang yang 'gila' kerja. Waspadalah, ketika kita mulai kelihatan sangat sibuk, karena kita bisa kehilangan waktu untuk bersaat teduh dengan Bapa.

Jika kita memberi sedikit kesempatan saja, maka iblis dapat menghancurkan seluruh kehidupan kita. Dia tahu benar dengan kelemahan kita, yaitu kita sering menganggap enteng segala sesuatunya. Kita tidak ingin bukan, setiap pekerjaan yang sudah dibangun dengan susah payah menjadi hancur berantakan karena hal yang sepele? Karena itu, tetaplah peka dengan suara-Nya agar kita menjadi bijak dalam melangkah. Waspadalah! (IS)





Kewaspadaan adalah kepekaan mendengar suara Tuhan
Kekuatiran adalah kecenderungan mendengar suara setan

~ BOM.Com ~



AddThis Social Bookmark Button


Peace Maker

Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang!

Roma 12:18


Ketegangan antara Amerika Serikat denang Korea Utara sejak perang Korea lebih dari setengah abad yang lalu, tidak pernah reda sampai saat ini. Bahkan isu nuklir Korea Utara dalam beberapa tahun terakhir membuat hubungan mereka menjadi kritis. Upaya melalui hubungan diplomatik melalui perundingan berjalan alot. Atas prakarsa bersama, rombongan musik New York Philparmonic dari Amerika, menggelar konser di teater Agung Pyongyang, ibukota Korea Utara pada tanggal 26 Februari 2008. Konser yang di usung oleh tim sejumlah 35 orang itu, mendapat sambutan luar biasa. Banyak orang yang menyaksikan langsung atau melalui siaran televisi terharu dan meneteskan air mata. Konser itu berhasil meluluhkan hati warga Korea. Rupanya cara tersebut telah menjadi sapaan damai yang lebih ampuh ketimbang diplomasi ancaman perang dan ancaman embargo.

Firman-Nya berkata, "Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah." (Matius 5:9). Yesus mengajar para murid untuk senantiasa membawa damai. Yesus pun ingin agar berita damai yang Ia sebarkan menjadi bagian dari kehidupan kita. Menjadi pendamai di tengah zaman seperti sekarang ini, bukan pekerjaan mudah. Dibutuhkan kerendahan hati untuk mengalah, walaupun kita berada di pihak yang benar.

Mari kita memupuk karakter pendamai. Mulailah dengan belajar untuk memaklumi setiap kelemahan orang lain dan belajar mengampini di kala mereka melakukan kesalahan. Di lingkungan kerja yang mudah tercipta konflik sangat dibutuhkan kehadiran orang-orang yang membawa damai. Dan kita ternmasuk orang yang dipilih Tuhan untuk melakukan tugas itu. Mari melakukannya! (IS)




Berdamai dengan orang lain adalah ekspresi Anda berdamai dengan diri sendiri





~ BOM.Com ~





AddThis Social Bookmark Button

Impian Seorang Mahasiswi

Hari pertama kuliah di kampus, profesor memperkenalkan diri dan menantang kami untuk berkenalan dengan seseorang yang belum kami kenal. Saya berdiri dan melihat sekeliling ketika sebuah tangan lembut menyentuh bahu saya.

Saya menengok dan mendapati seorang wanita tua, kecil, dan berkeriput, memandang dengan wajah yang berseri-seri dengan senyum yang cerah. Ia menyapa, "Halo anak cakep. Namaku Rose. Aku berusia delapan puluh tujuh. Maukah kamu memelukku?" Saya tertawa dan dengan antusias menyambutnya,

"Tentu saja boleh!".

Dia pun memberi saya pelukan yang sangat erat.

"Mengapa kamu ada di kampus pada usia yang masih begitu muda dan tak berdosa seperti ini?" tanya saya berolok-olok. Dengan bercanda dia menjawab, "Saya di sini untuk menemukan suami yang kaya, menikah, mempunyai beberapa anak, kemudian pensiun dan bepergian."

"Ah yang serius?" pinta saya. Saya sangat ingin tahu apa yang telah memotivasinya untuk mengambil tantangan ini di usianya. "Saya selalu bermimpi untuk mendapatkan pendidikan tinggi dan kini saya sedang mengambilnya!" katanya. Setelah jam kuliah usai, kami berjalan menuju kantor senat mahasiswa dan berbagi segelas chocolate milkshake. Kami segera akrab.Dalam tiga bulan kemudian, setiap hari kami pulang bersama-sama dan bercakap-cakap tiada henti. Saya selalu terpesona mendengarkannya berbagi pengalaman dan kebijaksanaannya. Setelah setahun berlalu, Rose menjadi bintang kampus dan dengan mudah dia berkawan dengan siapapun. Dia suka berdandan dan segera mendapatkan perhatian dari para mahasiswa lain. Dia pandai sekali menghidupkannya suasana.

Pada akhir semester kami mengundang Rose untuk berbicara di acara makan malam klub sepak bola kami. Saya tidak akan pernah lupa apa yang diajarkannya pada kami. Dia diperkenalkan dan naik ke podium. Begitu dia mulai menyampaikan pidato yang telah dipersiapkannya, tiga dari lima kartu pidatonya terjatuh ke lantai. Dengan gugup dan sedikit malu dia bercanda pada mikrofon. Dengan ringan berkata, "Maafkan saya sangat gugup. Saya sudah tidak minum bir. Tetapi wiski ini membunuh saya. Saya tidak bisa menyusun pidato saya kembali, maka ijinkan saya menyampaikan apa yang saya tahu."

"Kita tidak pernah berhenti bermain karena kita tua. Kita menjadi tua karena berhenti bermain. Hanya ada rahasia untuk tetap awet muda, tetap menemukan humor setiap hari. Kamu harus mempunyai mimpi. Bila kamu kehilangan mimpi-mimpimu, kamu mati. Ada banyak sekali orang yang berjalan di sekitar kita yang mati namun mereka tak menyadarinya."

"Sungguh jauh berbeda antara menjadi tua dan menjadi dewasa. Bila kamu berumur sembilan belas tahun dan berbaring di tempat tidur selama satu tahun penuh, tidak melakukan apa-apa, kamu tetap akan berubah berubah menjadi dua puluh tahun. Bila saya berusia delapan puluh tujuh tahun dan tinggal di tempat tidur selama satu tahun, tidak melakukan apapun, saya tetap akan menjadi delapan puluh delapan. Setiap orang pasti menjadi tua. Itu tidak membutuhkan suatu keahlian atau bakat. Tumbuhlah dewasa dengan selalu mencari kesempatan dalam perubahan."

"Jangan pernah menyesal. Orang-orang tua seperti kami biasanya tidak menyesali apa yang telah diperbuatnya, tetapi lebih menyesali apa yang tidak kami perbuat. Orang-orang yang takut mati adalah mereka yang hidup dengan penyesalan."

Rose mengakhiri pidatonya dengan bernyanyi "The Rose". Dia menantang setiap orang untuk mempelajari liriknya dan menghidupkannya dalam kehidupan sehari-hari. Akhirnya Rose meraih gelar sarjana yang telah diupayakannya sejak beberapa tahun lalu. Seminggu setelah wisuda, Rose meninggal dunia dengan damai. Lebih dari dua ribu mahasiswa menghadiri upacara pemakamannya sebagai penghormatan pada wanita luar biasa yang mengajari kami dengan memberikan teladan bahwa tidak ada yang terlambat untuk apapun yang bisa kau lakukan. Ingatlah, menjadi tua adalah kemestian, tetapi menjadi dewasa adalah pilihan.

* * *

Sediakan waktu untuk berpikir, itulah sumber kekuatan.
Sediakan waktu untuk bermain, itulah rahasia awet muda.
Sediakan waktu untuk membaca, itulah landasan kebijaksanaan.
Sediakan waktu untuk berteman, itulah jalan menuju kebahagiaan.
Sediakan waktu untuk bermimpi, itulah yang membawa anda ke bintang.
Sediakan waktu untuk mencintai dan dicintai, itulah hak istimewa Tuhan.
Sediakan waktu untuk melihat sekeliling anda, hari anda terlalu singkat untuk mementingkan diri sendiri.
Sediakan waktu untuk tertawa, itulah musik jiwa.





(Artikel ini dikirim oleh Farida)






AddThis Social Bookmark Button

Lembah Lolipop

Alkisah ada dua orang anak laki-laki, Bob dan Bib, yang sedang melewati lembah permen lolipop. Di tengah lembah itu terdapat jalan setapak yang beraspal. Di jalan itulah Bob dan Bib berjalan kaki bersama. Uniknya, di kiri-kanan jalan lembah itu terdapat banyak permen lolipop yang berwarni-warni dengan aneka rasa. Permen-permen yang terlihat seperti berbaris itu seakan menunggu tangan-tangan kecil Bob dan Bib untuk mengambil dan menikmati kelezatan mereka.

Bob sangat kegirangan melihat banyaknya permen lolipop yang bisa diambil. Maka ia pun sibuk mengumpulkan permen-permen tersebut. Ia mempercepat jalannya supaya bisa mengambil permen lolipop lainnya yang terlihat sangat banyak didepannya. Bob mengumpulkan sangat banyak permen lolipop yang ia simpan di dalam tas karungnya. Ia sibuk mengumpulkan permen-permen tersebut tapi sepertinya permen-permen tersebut tidak pernah habis maka ia memacu langkahnya supaya bisa mengambil semua permen yang dilihatnya.

Tanpa terasa Bob sampai di ujung jalan lembah permen lolipop. Dia melihat gerbang bertuliskan "Selamat Jalan". Itulah batas akhir lembah permen lolipop. Di ujung jalan, Bob bertemu seorang lelaki penduduk sekitar. Lelaki itu bertanya kepada Bob, "Bagaimana perjalanan kamu di lembah permen lolipop? Apakah permen-permennya lezat? Apakah kamu mencoba yang rasa jeruk? Itu rasa yang paling disenangi. Atau kamu lebih menyukai rasa mangga? Itu juga sangat lezat." Bob terdiam mendengar pertanyaan lelaki tadi. Ia merasa sangat lelah dan kehilangan tenaga. Ia telah berjalan sangat cepat dan membawa begitu banyak permen lolipop yang terasa berat di dalam tas karungnya. Tapi ada satu hal yang membuatnya merasa terkejut dan ia pun menjawab pertanyaan lelaki itu, "Permennya saya lupa makan!"

Tak berapa lama kemudian, Bib sampai di ujung jalan lembah permen lolipop. "Hai, Bob! Kamu berjalan cepat sekali. Saya memanggil-manggil kamu tapi kamu sudah sangat jauh di depan saya." "Kenapa kamu memanggil saya?" tanya Bob. "Saya ingin mengajak kamu duduk dan makan permen anggur bersama. Rasanya lezat sekali. Juga saya menikmati pemandangan lembah, indah sekali!" Bib bercerita panjang lebar kepada Bob. "Lalu tadi ada seorang kakek tua yang sangat kelelahan. Saya temani dia berjalan. Saya beri dia beberapa permen yang ada di tas saya. Kami makan bersama dan dia banyak menceritakan hal-hal yang lucu. Kami tertawa bersama." Bib menambahkan.

Mendengar cerita Bib, Bob menyadari betapa banyak hal yang telah ia lewatkan dari lembah permen lolipop yang sangat indah. Ia terlalu sibuk mengumpulkan permen-permen itu. Tapi pun ia sampai lupa memakannya dan tidak punya waktu untuk menikmati kelezatannya karena ia begitu sibuk memasukkan semua permen itu ke dalam tas karungnya.

Di akhir perjalanannya di lembah permen lolipop, Bob menyadari suatu hal dan ia bergumam kepada dirinya sendiri, "Perjalanan ini bukan tentang berapa banyak permen yang telah saya kumpulkan. Tapi tentang bagaimana saya menikmatinya dengan berbagi dan berbahagia." Ia pun berkata dalam hati, "Waktu tidak bisa diputar kembali." Perjalanan di lembah lolipop sudah berlalu dan Bob pun harus melanjutkan kembali perjalanannya.

Dalam kehidupan kita, banyak hal yang ternyata kita lewati begitu saja. Kita lupa untuk berhenti sejenak dan menikmati kebahagiaan hidup. Kita menjadi Bob di lembah permen lolipop yang sibuk mengumpulkan permen tapi lupa untuk menikmatinya dan menjadi bahagia.

Pernahkan Anda bertanya kapan waktunya untuk merasakan bahagia? Jika saya tanyakan pertanyaan tersebut kepada para klien saya, biasanya mereka menjawab, "Saya akan bahagia nanti... nanti pada waktu saya sudah menikah... nanti pada waktu saya memiliki rumah sendiri... nanti pada saat suami saya lebih mencintai saya... nanti pada saat saya telah meraih semua impian saya... nanti pada saat penghasilan sudah sangat besar...nanti pada saat anak-anak sudah besar "

Pemikiran "nanti" itu membuat kita bekerja sangat keras di saat "sekarang". Semuanya itu supaya kita bisa mencapai apa yang kita konsepkan tentang masa "nanti" bahagia. Terkadang jika saya renungkan hal tersebut, ternyata kita telah mengorbankan begitu banyak hal dalam hidup ini untuk masa "nanti" bahagia. Ritme kehidupan kita menjadi sangat cepat tapi rasanya tidak pernah sampai di masa "nanti" bahagia itu. Ritme hidup yang sangat cepat... target-target tinggi yang harus kita capai, yang anehnya kita sendirilah yang membuat semua target itu... tetap semuanya itu tidak pernah terasa memuaskan dan membahagiakan.

Uniknya, pada saat kita memelankan ritme kehidupan kita; pada saat kita duduk menikmati keindahan pohon bonsai di beranda depan, pada saat kita mendengarkan cerita lucu anak-anak kita, pada saat makan malam bersama keluarga, pada saat kita duduk bermeditasi atau pada saat membagikan beras dalam acara bakti sosial tanggap banjir; terasa hidup menjadi lebih indah.

Jika saja kita mau memelankan ritme hidup kita dengan penuh kesadaran; memelankan ritme makan kita, memelankan ritme jalan kita dan menyadari setiap gerak tubuh kita, berhenti sejenak dan memperhatikan tawa indah anak-anak bahkan menyadari setiap hembusan nafas maka kita akan menyadari begitu banyak detil kehidupan yang begitu indah dan bisa disyukuri. Kita akan merasakan ritme yang berbeda dari kehidupan yang ternyata jauh lebih damai dan tenang. Dan pada akhirnya akan membawa kita menjadi lebih bahagia dan bersyukur seperti Bib yang melewati perjalanannya di lembah permen lolipop.

Yg manakah Anda saat ini? Bob atau Bib ?




(Artikel dikirim oleh Erwin Parningotan Sihaloho)






AddThis Social Bookmark Button

Menjaga Komitmen

Teguhkanlah langkahku oleh janji-Mu, dan janganlah segala kejahatan berkuasa atasku.
Mazmur 119:133



Banyak tokoh di dunia ini terus menginspirasi masyarakat luas untuk jangka waktu yang cukup lama. Di antanya Martin Luther King, jr yang berjuang melawan diskriminasi ras di Amerika Serikat dan William Wilberforce yang berjuang menghapus perbudakan di Inggris. Dan mereka berhasil. Apa rahasianya? Jawabannya adalah karena mereka terus menjaga komitmen yang telah dibuat. Walaupun harus mengalami masa-masa berat, tetapi mereka tidak menyerah sehinggi mencapai akhir perjuangan yang memuaskan.

Zoe Koplowitz, wanita berusia 59 tahun, setiap tahun mengikuti lomba larimarathon di New York. Ia selalu menjadi peserta terakhir yang tiba di garis finish. Tahun lalu, juara pertama mencatat waktu 2 jam 9 menit. Sedang Zoe 28 jam 45 meniit. Harap maklum, Zoe lumpuh sejak 30 tahun lalu. Ia hanya bisa berjalan tertatih dengan dua tongkat penyangganya. Zoe ikut lomba bukan untuk menjadi juara. Ia berkomitmen bahwa kelumpuhan tak akan membuatnya berhenti berjuang. Buktinya, walaupun bersusah payah ia selalu dapat mencapai garis finish.

Ya, komitmen membantu kita mengatasi banyak halangan dalam hidup. Pribadi yang berkomitmen akan tetap segar dan terus maju demi mencapai apa yang ia inginkan. Seorang bijak berkata, "Ketika Anda tertarik terhadap sesuatu, Anda akan melakukannya pada saat waktunya enak dan menyenangkan saja. Tetapi ketika Anda berkomitmen terhadap sesuatu, Anda tidak akan mau menerima dalih atau alasan apa pun, kecuali hasil akhirnya saja."

Apakah Anda masih tetap setia pada komitmen kerja Anda? Tetaplah berjalan pada jalur yang sudah Anda buat karena kesuksesan hanya datang pada setiap orang yang konsisten pada komitmennya. (IS)



Orang yang berkomitmen untuk komitmen selalu di dapati konsiten


~ BOM.Com ~




AddThis Social Bookmark Button

Tebarlah Senyum

Tetapi orang-orang benar bersukacita, mereka beria-ria di hadapan Allah, bergembira dan bersukacita.

Mazmur 68:4

Senyum adalah ekspresi paling dasar dari hati yang berbinar dan bersinar. Sebuah senyuman tidak memerlukan biaya, namun menciptakan banyak hal. Senyuman terjadi secepat kilat namun kenangan akan hal itu tidak akan pernah berakhir. Tidak ada orang yang begitu kaya sehingga mereka dapat berteman tanpa itu. Tidak ada yang begitu miskin sehingga mereka tidak mendapat keuntungan dari hal itu. Senyuman menciptakan kebahagiaan di dalam rumah dan membantu perkembangan dalam berbisnis.

Senyuman menentramkan kecemasan, mengubah rasa kecil hati, menyinari orang yang bersedih dan menjadi penangkal terbaik dari masalah. Namunsenyuman tak dapat dibeli, diminta, dipinjam atau dicuri karena senyuman tidak bermanfaat bagi semua orang sampai senyuman itu diberikan.

Tampilkanlah senyum terbaik kita pada orang yang kita temui setiap hari. Senyum lebar dan tulus menebarkan kegembiraan pada setiap orang yang kita jumpai dan memberikan kesan pada dunia bahwa kita adalah orang yang bergembira dan bahagia. Senyuman membangun keyakinan diri yang tinggi dang menghilangkan ketakutan, kecemasan dan stress.

Senyuman dapat membuat kita bertatap muka dengan situasi yang paling sulit. Senyuman dapat mencairkansuasana yang tegang dan memberi efek rileks. Begitu banyak keuntungan dari sebuah senyum, jadi mengapa Anda harus menahannya? Hari ini, lihatlah ke sekeliling Anda, lalu tebarlah senyum tulus itu dan percayalah bahwa hidup akan menjadi lebih ringan, indah dan menyenangkan. (IS)

Senym adalah obat penenang yang tidak memiliki efek samping

~ BOM.Com ~



AddThis Social Bookmark Button

Tiada Hari Tanpa Bersyukur

TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya.

Mazmur 28:7

Saat merayakan ulang tahunnya yang ke-90, pianis Arthur Rubinstein ditanya seorang wartawan, bagaimana perasaannya saat mencapai usia 90 tahun. Di luar dugaan, ia menjawab bahwa hari itu tidak ada bedanya dengan hari-hari lainnya. "Setiap bangun tidur pada pagi hari, saya selalu menganggapnya sebagai hari kelahiran saya." katanya. Artinya, sampai hari itu ia telah melewatkan 365 x 90 = 32.850 hari ulang tahun.

Setiap hari adalah karunia Tuhanyang sungguh luar biasa. Susah sepatutnya kita mensyukurinya. Karena, siapa yang dapat menjamin kita masih bisa bangun esok hari?Anthony de Mello pernah berkata, "Kalau orang bisa bersyukur, ia tidak bisa yang lain kecuali berbahagia." Hati yang penuh ucapan syukur akan menguatkan iman kita bahwa Allah adalah sumber segala berkat, yang mengatur kehidupan kita menuju ke arah yang lebih baik. Kita tidak selalu mendapatkan apa yang kita sukai, oleh karena itu kita harus selalu belajar menyukai apapun yang kita dapatkan. Syukur merupakan kualitas hati yang terpenting. Dengan bersyukur kita akan senantiasa diliputi rasa damai, tentram dan bahagia. Sebaliknya, perasaan tak bersyukur akan senantiasa membebani kita dan kita pun akan selalu merasa kurang dan tak bahagia.

Kita harus mensyukuri hal-hal yang baik maupun yang tidak baik. Kita bersyukur bisa menghirup udara tanpa ditindas oleh penjajah. Kita bisa memiliki kebebasan berkarir dan bekerja sesuai dengan talenta kita masing-masing. (IS)

Bersyukur bukan hanya kunci menuju kebahagiaan, tetapi juga cara untuk tetap tinggal didalamNya

~ BOM.Com ~



AddThis Social Bookmark Button

Belajar Mengandalkan Tuhan

sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Yohanes 15:5B

Todd Duncan, pengusaha sukses sekaligus pendiri The Duncan Group dalam bukunya yang berjudul The Power To Be Your Best, memberi kesaksian. Dulu ia dan istrinya sempat mengalami masa kecanduan ganja dan alkohol yang cukup parah. Keduanya ingin berubah namun sulit sekali. Ia kemudian mengalami masa sulit dan dipecat dari perusahaan. "Ke manakah saya harus pergi mencari dukungan yang saya butuhkan?" katanya. Todd lalu mengambil keputusan untuk bertanggung jawab penuh atas semua tindakannya. "Saya putuskan bahwa stau-satunya jalan bagi saya untuk mendapatkan kuasa untuk mengatasi perilaku-perilaku tersebut adalah meminta kekuatan kepada Allah" katanya. Todd sepenuhnya meyakini bahwa seorang Penolong yang lain akan diberikan kepadanya. Dan selang beberapa waktu kemudian, ia dan istrinya pun berubah.

Apa yang dialami oleh Todd, juga pernah dialami oleh Ibu Teresa. Dalam pelayanannya, mother Teresa pernah berkata, "Satu hal yang Yesus minta dariku adalah supaya aku menyandarkan diri kepada-Nya, supaya aku percaya sepenuhnya hanya kepada-Nya dan supaya aku menyerahkan diri sepenuhnya kepada-Nya. Bahkan, sekalipun merasa seperti sebuah biduk tanpa kompas di tengah badai, kita harus tetap menggantungkan diri sepenuhnya pada-Nya tanpa mencoba mengendalikan tindakan-tindakan-Nya."

Hidup tanpa bantuan dan penyertaan Tuhan akan membuat kita menjadi sia-sia. Kekuatan dan kemurahan-Nya saja yang memampukan kita untuk mencapai setiap impian kita. Bagaimana dengan Anda? (IS)

Sangat mungkin untuk menjadi terlalu besar bila Tuhan memakai Anda, tetapi tidak pernah terlalu kecil bila Tuhan memakai Anda

~ BOM.Com ~



AddThis Social Bookmark Button

Mengobarkan Semangat

Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah?

Amsal 18:14


Seorang jenderal sedang mengunjungi satu peleton pasukan terjun payung. Ketika sedang bercakap-cakap dengan mereka setelah inspeksi formal, ia bertanya pada beberapa dari mereka, "Apa kalian senang melompat dari pesawat?" "Saya menyukainya, Pak!" jawab prajurit payung pertama. "Seberapa senang kau melompat?" ia bertanya pada prajurit kedua. "Pengalaman ini fantastis, Pak! Saya tidak dapat membayangkan tidak melakukannya" seru prajurit itu. "Bagaimana denganmu?" tanya sang jenderal kepada prajurit berikutnya. "Saya takut setiap kali melakukannya, Pak. Sya tidak dapat mengatakannya bahwa saya menyukainya." "Mengapa kau melakukannya juga?" Tanya jenderal kembali. "karena saya senang bisa bersama dengan orang-orang yang menikmati melakukannya." Jawabnya.

Ya, semangat dan antusiasme itu memang menular. Saat kita berteman, berbicara dan bergaul dengan orang-orang yang mempunyai semangat hidup tinggi, otomatis kita pun menjadi bersemangat juga. Kita membutuhkan semangat dalam menjalani hdiup ini. Tanpa semangat, hidup akan berjalan tanpa 'nyawa'.

Pak andrie Wongso, suatu ketika pernah berkata, "Tanpa semangat kita akan sulit bangkit dari kegagalan atau penderitaan hidup. Tanpa semangat, kita hanya akan terbenam dalam kesengsaraan kita." Anda pasti setuju bila saya mengatakan "Dengan berbekal semangat, kita pasti sanggup untuk terus berusaha dan bergerak maju." Semangat seperti bahan bakaryang mendorong kita tetap berjalan sampai di garis finish. Karena itu, tetaplah bersemangat karena hidup ini luar biasa! (IS)

Untuk menjaga semangat diri Anda, bergaullah dengan orang-orang yang bersemangat

~ BOM.Com ~



AddThis Social Bookmark Button